Wakil Bupati Pasaman Buka Acara Sosialisasi Pengarusutamaan Gender

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Wakil Bupati Pasaman H Atos Pratama membuka acara Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi Pokja PUG, Focal Point Kecamatan, Organisasi, LSM dan Perguruan Tinggi se-kabupaten Pasaman di Lubuksikaping, Selasa (21/08/2018).

Tema "Melalui sosialisasi kita wujudkan Keadilan dan Kesejahteraan Gender".

Wakil bupati Pasaman mengatakan bila kita menoleh kebelakang perjuangan perempuan muncul dari adanya kesadaran perempuan akan ketertinggalannya di banding dengan laki laki dalam berbagai aspek.

Kesetaraan gender merupakan kesamaan kondisi bagi laki laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan mampu berpartisipasi dalam kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan keamanan nasional serta kesamaan menikmati hasil pembangunan.

Kesetaraan gender dan keadilan gender di tandai dengan tidak adanya diskriminasi antara perempuan dan laki laki. Kesetaraan perempuan menjadi pokok pembangunan mengurangi kemiskinan, memperkuat negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan dan memerintah secara efektif proses penyadaran gender dimulai dengan mengubah paradigma, pola pikir tiap individu.

Sesuai dengan ketentuan Inpres nomor 9 tahun 2000 tentang Pengarusutamaan gender dan di jabarkan dengan permendagri nomor 15 tahun 2008, yang sudah di ubah dengan permendagri nomor 67 tahun 2011 yang menjelaskan, PUG itu adalah salah satu strategi pembangunan yang dilakukan menganalisa kebutuhan laki laki, perempuan dan anak kedalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan, program dan kegiatan diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan.(Anto) 

 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita